Kamis, 16 Januari 2014

Tips diet untuk mencegah kanker serviks

Kanker serviks adalah jenis kanker nomor tiga yang paling umum dialami wanita di seluruh dunia. Kanker ini bahkan diperkirakan membunuh sekitar 200.000 wanita setiap tahunnya. Yang paling menakutkan tentang kanker ini adalah gejalanya yang seringkali tak terdeteksi dan baru diketahui ketika mencapai tahap lancut.


Dr Bandita Shina dari Fortis Hiranandani Hospital mengungkap bahwa sepertiga kematian akibat kanker serviks dipicu oleh diet yang salah. Kanker serviks bisa dicegah dengan mengonsumsi beberapa makanan dan melakukan diet yang baik untuk kesehatan tubuh. Menurut ahli nutrisi, terdapat zat tertentu dalam makanan alami yang bisa bekerja mencegah kanker serviks.

Berdasarkan Livestrong, beberapa jenis vitamin terutama vitamin A, C, E, dan kalsium juga ampuh untuk melindungi sel dari kerusakan dan radikal bebas. Pada akhirnya nutrisi tersebut akan mencegah kanker serviks. Untuk mendapatkan diet yang sehat dan bisa menangkal kanker serviks, sebaiknya Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini, seperti dilansir oleh Health Me Up (08/01).

1. Makanan kaya vitamin A
Beberapa makanan yang mengandung banyak vitamin A antara lain wortel, jeruk, telur, hari, tuna, dan produk susu. Makanan-makanan tersebut diketahui sangat baik untuk mencegah kanker serviks.

2. Makanan yang mengandung vitamin B folat
Makanan yang mengandung B folat juga harus dikonsumsi untuk mencegah kanker serviks. Folat akan menurunkan tingkat homocysteine, zat yang menyebabkan pertumbuhan sel tak normal pada serviks. Beberapa makanan seperti brokoli, bunga kol, dan kubis bisa menjadi sumber folat yang baik untuk dikonsumsi.

3. Alpukat
Alpukat dikenal dengan efek antioksidan yang kuat dan berlimpah serta kemampuannya untuk melawan radikal bebas dengan mencegah sel kanker berkembang. Selain Alpukat, makanan yang banyak mengandung antioksidan lainnya antara lain blueberry, paprika, cherry, ikan salmon, dan ikan lain yang mengandung lemak. Makanan seperti brokoli, bunga kol, dan kubis juga mengandung antioksidan bernama lutein dan zeaxanthin yang membantu menurunkan risiko kanker.

4. Wortel
Wortel juga diketahui mengandung beta karoten, yang baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

5. Makanan yang mengandung polyphenol dan flavonoid
Makanan yang mengandung banyak polyphenol dan flavonoid seperti teh hijau, minyak zaitun, anggur merah, tomat, kacang merah, kacang tanah, pomegranate, dan paprika juga baik untuk mencegah kanker dan menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa Anda tambahkan dalam diet untuk mencegah kanker serviks. Selain membuat tubuh sehat, diet yang tepat juga bisa membantu Anda menangkal kanker. Selamat mencoba!

Sumber : http://www.merdeka.com/sehat/tips-diet-untuk-mencegah-kanker-serviks.html

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...

Artikel Yang Lain