Sabtu, 04 Januari 2014

Wanita, Sadarlah! Menunda Punya Anak Itu Berisiko

Wanita yang ingin memiliki anak segeralah sebelum usia Anda menginjak 35 tahun. Jangan sampai, Anda menyesali keputusan menunda memiliki anak.

Biasanya, karier yang kerap menjadi alasan wanita menunda memiliki momongan. Akhirnya, pasangan suami istri memilih menggunakan alat kontrasepsi. Padahal, menunda anak juga ada risikonya. Ketika usia sudah bertambah tua, Anda pun tak lebih mudah untuk memiliki anak.


Para Ahli di Newcastle University mengatakan, seharusnya wanita tak perlu menunda-nunda memiliki anak.

"Pesan yang paling penting untuk wanita segera memiliki anak sebelum jam mogok 12," kata Profesor Mary Herbert , salah satu ahli biologi reproduksi terkemuka di Inggris seperti dikutip Dailymail, Rabu (11/9/2013).

"Saya akan khawatir jika putri saya belum memiliki anak pada usia 35 tahun," ujar Profesor Herbert.

Ibu Usia 30 Tahun Makin Banyak

British Science Festival menyampaikan, jumlah perempuan yang menunda memiliki anak semakin meningkat. Hampir setengah dari semua bayi yang lahir saat ini dari wanita berusia 30 tahun dan lebih tua. Dan jumlah anak yang lahir dari wanita di usia 30 tahun ini meningkat hampir tiga kali lipat dalam beberapa tahun terakhir.

Kesuburan wanita jatuh tajam setelah usia 35 tahun, seperti halnya dengan tingkat keberhasilan IVF (bayi tabung). Dan jika kondisinya sudah seperti itu, wanita memiliki risiko komplikasi kehamilan dan melahirkan bayi yang berat badannya kurang atau prematur.

Kemungkinan bayi lahir meninggal dua kali lebih umum pada wanita di atas 35 tahun dibandingkan yang lebih muda. Belum lagi kerusakan telur karena usia yang juga membuat wanita di atas 35 tahun berisiko memiliki bayi dengan sindrom Down dan kelainan genetik lainnya.

Jane Stewart, seorang dokter IVF di Newcastle Fertility Centre, mengatakan jika perempuan tak dibuat sadar akan risiko menunda menjadi ibu, bisa jadi nanti akan menyesali keputusannya.

"Jika Anda melihat ke belakang dan menyesalinya, itu akan menghantui Anda".

"Risikonya adalah Anda akan selalu terganggu oleh `bagaimana jika`," ujarnya.

Sumber : http://health.liputan6.com/read/689400/wanita-sadarlah-menunda-punya-anak-itu-berisiko

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...

Artikel Yang Lain